oleh

Sambut Tahun Baru Islam, Pujakesuma Batu Bara Gelar Tradisi Kenduri Suroan

EPAPER

Batu BaraToday – Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H, Keluarga Besar Pujakesuma Batubara melaksanakan kenduri suroan di kantor Pujakesuma Kecamatan Lima Puluh, Sabtu (29/8).

Pelaksanaan penyambutan Tahun Baru Hijriah dan Hari Besar Suroan 1442 H dan memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-75, tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19. “Suroan dihibur oleh Group Kuda Kepang Yusfianti”, kata panitianya, Suderajat Suhendra.

Ketua Pujakesuma Batubara, Suriono mengatakan tujuan diselenggarakan Peringatan Suroan ini untuk menambah kedekatan batin, mempererat hubungan silaturahmi dan menumbuhkan rasa senasib sepenanggungan antarsesama warga Jawa di Batubara. “Dengan melestarikan adat istiadat seni dan budaya warga Jawa, kegiatan ini juga sekaligus menjunjung tinggi serta rasa hormat kepada leluhur,” katanya.

Tradisi Suroan yang dilaksanakan pada bulan Muharram ini pada hakikatnya merupakan penanggalan tahun baru dalam perhitungan masyarakat Jawa Islam. Kegiatan ini juga sebagai penghormatan untuk memuliakan datangnya bulan Muharram atau Bulan Suro.

Surowan di warnai pemberian sembako dan taliasi para kaum duafa dan anak yatim
Surowan diwarnai pemberian sembako dan tali asih kepada para kaum duafa dan anak yatim

Bupati Batubara Ir Zahir yang diwakili Asisten I Russian Heri menyampaikan saat ini kita telah memasuki bulan yang merupakan Tahun Baru Hijriah, kita sepatunya untuk bersyukur kepada Allah SWT, marilah kita senantiasa berdoa agar pada saat memasuki tahun baru hijriah menunjukan jalan yang lurus oleh Allah SWT.

Tidak terasa sudah ke-75 tahun kita merdeka dan tak terasa pula bahwa negara kita mengalami banyak perkembangan dan penuh liku l – liku dalam mempertahankan dan menghayati kemerdekaan ini.

Mari kita jadikan momentum hari kemerdekaan sebagai ajang untuk meresolusi atau merencanakan kontribusi. “Dengan peringatan suroan ini, kiranya seluruh warga Jawa di Batubara dapat mengambil hikmah dan makna suroan itu sendiri, terutama di dalam melestarikan budaya dan adat Jawa”.

Semoga acara ini dapat menjadikan kekuatan bagi kita dalam bersinergi membangun bangsa dan negara, ucapnya.

Tampak hadir Waka Polres Batubara Kompol Abdul Muthalib, Kapolsek Lima Puluh Iptu Rusdi, Sekwan Batubara Agus Andika dan Camat Talawi, Danyon 126, MPO DPD PKB Pujakesuma Drs Asmunan dan para undangan lainya

Suroan disertai pemberian sembako dan tali asih kepada kaum duafa dan anak yatim dan dilanjutkan tausi agama H Ahmad Bin Yasir. (ru)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed