oleh

Ketua Dekranasda Kunjungi Usaha Batik Jumput

batuBaraToday- Ketua Dekranasda sekaligus Ketua TP-PKK Batu Bara Ny Maya Indrasari Zahir, SE didampingi Kabid Perindustrian Heny Dahliana ST melakukan kunjungan ke Usaha Batik Jumput di Desa Binjai Baru, Kamis (17/9).

Dalam kunjungan tersebut turut hadir Camat serta Ibu Camat Datuk Tanah Datar dan Kades Binjai Baru, disambut langsung oleh ketua kelompok usaha bersama Batik Jumput, Susi Wahyuni.

Batik Jumputan (batik celup ikat) merupakan inovasi baru dalam batik. Cara pembuatannya cukup unik, dikerjakan dengan cara ikat celup, diikat dengan tali dicelup dengan warna. Usaha batik jumputan ini terbilang baru di Kabupaten Batu Bara, ujar Susi selaku ketua Kelompok Usaha Batik Jumputan.

Di sela kunjungan, Ketua Dekranasda Ny. Maya Indrasari Zahir, S.E, mencoba mengerjakan proses pembuatan batik jumputan, dari tahap menjumput/mengikat kain, mewarnai, setelah itu penguncian warna dengan menggunakan water glass.

“Saya berharap agar batik jumputan ini menjadi salah satu usaha inovasi baru yang memberikan dampak ekonomi yang bagus di Kabupaten Batu Bara, ungkap Maya.

Maya juga berjanji akan membantu pemasaran dan permodalan Usaha Batik Jumputan ini, sehingga usaha ini menumbuhkan ekonomi baru dan meningkat lebih baik, terlebih di masa pandemi Covid-19.

Acara di tutup dengan pemberian cendera mata berupa kain batik jumput kepada Ny Maya Indrasari Zahir. (ko)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed