oleh

Kadisdik Batu Bara, Ilyas : TMB ini harus kita dukung dan besarkan bersama

Batu BaraToday- Taman Bacaan Masyarakat ( TBM ) adalah sebuah lembaga atau unit layanan berbagai kebutuhan bahan bacaan yang dibutuhkan dan berguna bagi setiap orang atau sekelompok masyarakat di desa. Taman Bacaan didirikan atau di bentuk oleh sekelompok masyarakat atau komunitas yang penya perhatian terhadap keberlangsungan Literasi khususnya bagi masyarakat dan anak-anak dalam mengembangkan budaya baca.

Hal tersebut dikatakan Kadisdik Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus saat menghadiri ramah tamah dengan Pengurus dan Warga Taman Baca Masyarakat Khasanah Desa Bandar Rahmad Kecamatan Tg. Tiram Kabupaten Batu Bara, Jum’at, (25/9)

Lebih lanjut Ilyas mengatakan bahwa Taman Baca Masyarakat paling tidak mempunyai fungsi sebagai Sarana pembelajaran bagi masyarakat dan anak-anak untuk belajar mandiri, dan sebagai penunjang

kurikulum program Pendidikan Luar Sekolah, khususnya program keaksaraan, ucap Ilyas.

Masih menurut ilyas TBM juga harus berfungsi sebagai Sumber informasi yang bersumber dari buku dan bahan bacaan Iainnya yang sesuaiĀ  dengan kebutuhan warga belajar dan juga harus mampu sebagai Sumber rujukan yang menyediakan bahan referensi bagi pembelajaran dan kegiatan Iainnya maupun sebagai sumber hiburan (rekreatif) yang menyediakan bahan-bahan bacaan yang sifatnya

Oleh karenanya saya sangat memberikan support atas prakarsa kelompok adek-adek mahasiswa dan kelompok pemerhati keberlagsungan proses pembelajaran dan penambahan pengetahuan melalui bermain sambil belajar bagi anak-anak kita yang berada ditepian pantai ini. Ini luar biasa makanya saya sengaja hadir kemari bersama kawan-kawan penerbit untuk maksud dan niat yang sama yaitu ikut membantu dan memenuhi kebutuhan TBM ini, tambah Ncekli safaan akrab Kadisdik Batu Bara sembari memotivasi anak- anak warga TBM.

Dinas perpustakaan Kabupaten Batu Bara, Yang langaung hadir Sekretaris dan Kabid juga memberikan suport dalam pengembangan TMB ini. Rita mengayakan siap membantu pengembangan dan pengelolaan TBM bersama Dinas Pendidikan.

Pendiri dan pengelola TMB Khasanah, Nurkhasanah mengatakan rasa haru dan terimakasihnya kepada Kadisdik dan rombongan telah melihat langsung keberadaan kami dengan segala keterbatasan namun kami punya semangat juang yang kuat bersama masyarakat dan warga sehingga TMB ini mendapat dukungan termasuk dari Bapak Kepala Desa Bandar Rahmad yang sudah meminjampakaikan ruangan ini untuk kami berkumpul dalam kegiatan TBM, ujarnya,(ru)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed