oleh

Pimpin Rakor FKDM, Bupati Batu Bara Harapkan Berperan Aktif

EPAPER

batuBaraToDay – Bupati Batu Bara memimpin sekaligus membuka Rapat Koordinasi (Rakor) dalam upaya peningkatan kapasitas anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) se – Kabupaten Batu Bara, di Aula Rumah Dinas Bupati, Kompleks Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara, Senin (29/3).

Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Batu Bara menginisiasi rapat koordinasi FKDM dalam upaya deteksi dini masyarakat daerah.

Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP mengatakan FKDM agar dapat berperan aktif sesuai dengan tugas dan fungsinya, FKDM merupakan wadah pemerintah dalam menyampaikan kabar yang lebih awal tentang kewaspadaan dini, yang kemudian dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah, bahwa FKDM dapat memberikan masukan yang merupakan bahan pertimbangan pemerintah dalam mengambil kebijakan.

Seperti Insfratruktur jalan yang dilalui melebihi kapasitas daya angkut yang bisa berakibat fatal terhadap badan jalan (hancur). Hal tersebut perlu disampaikan secepat mungkin agar pemerintah dapat memberitahu kepada instansi terkait agar dapat dicegah supaya tidak menjadi hal yang lebih parah lagi.

Kendati selama ini kondisi situasi di Kabupaten Batu Bara relatif kondusif, namun kewaspadaan dini masyarakat harus senantiasa dijaga, bahkan bila perlu lebih ditingkatkan lagi di masa – masa yang akan datang.

Kaban Kesbangpol Kabupaten Batu Bara Yafrizal menyampaikan melalui rapat koordinasi ini akan meningkatkan kemampuan para FKDM untuk menampung informasi di tengah – tengah masyarakat, gambaran dan paparan dasar pembentukan FKDM, yang diperlukan pemerintah dalam rangka memberikan masukan pada pemerintah.

Melalui pertemuan ini diharapkan gagasan dari peserta rapat sebagai pertimbangan terkait deteksi pencegahan dini dapat lebih awal diketahui terhadap suatu masalah di tengah – tengah masyarakat.

“FKDM diharapkan dapat memberikan gagasan informasi sedini mungkin pada pemerintah untuk menjadi bahan pertimbangan dalam menindaklanjuti kejadian atau masalah yang terjadi di daerah”, tutur Yafrizal.

Ketua FKDM Kabupaten Batu Bara TH Sitanggang mengatakan FKDM sebagai garda terdepan dan menjadi mitra kerja pemerintah sebagai mata dan telinga di tengah – tengah masyarakat, siap selalu mendukung percepatan pembangunan sesuai dengan harapan yang tertuang pada visi – misi pembangunan Kabupaten Batu Bara. (Us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed