oleh

Pelaku UMKM Batu Bara Ikuti Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy BBPSDMP

batuBaraToday- Dengan mengikuti pelatihan digital entrepreneur academy melalui Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP) Kominfo Medan diharapankan yang hadiri di sini para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Batubara, demikian dikatakan Bupati Zahir diwakili Sekdakab Sakti Alam Siregar saat membuka kegiatan pelatihan digital entrepreneur academy, di Aula Banyuwangi Kecamatan Lima Puluh, Kamis (8/4/2021)

Dijelaskanya, pelatihan ini kegiatan yang positif yang perlu kita ikuti, karena pelatihan ini guna penguatan usaha mikro kecil dan mengah (UMKM) digital untuk peningkatan ekonomi masyarakat. “Diharapkan UMKM Batu Bara harus dikembangkan, melalui usaha yang dilakukan saat ini karena sektor ini yang paling banyak mengambil tenaga kerja adalah dari pelaku usaha,”ujarnya

UMKM saat ini terdampak di situasi pandemi covid-19, maka perlu ditingkatkan melalu digital Entrepreneurship Academy. Sebab itu pemerintah memfasilitasi agar mengikuti pelatihan digital Entrepreneurship Academy bersama Kominfo Medan. “Kalau kita lihat penghasilan masyarakat saat ini 99% rezekinya itu dari berbisnis / pengusaha. Maka perlu kita ajarin ini agar pemulihan ekonomi terbangun kembali,” sebut Sekda.

Pemerintah mendorong pelaku UMKM melakukan digitalisasi hasil produksinya, agar dapat bertahan dan memenangkan persaingan di tengah pandemi. SDM kami terbatas, kami berterimakasih atas inisiatif Kominfo RI melakukan kegiatan ini di Batu Bara,” jelasnya

Dengan kegiatan ini diharapkan pelaku UMKM yang hadir dapat mengikutinya, ujar Sekda.

Sebelumnya Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP) Kominfo Medan Drs Irbar Samekto, MSi mengatakan kegiatan ini merupakan inisiatif pemerintah, yang harus berkembang sampai hari ini,

“Sebagai pelaku UMKM, kita manusia harus mengetahui teknologi dan mempersiapkan diri untuk menghadapi era digital ini sebagai sarana tranformasi melalui digital, oleh sebab itu kita perlukan pembangunan tiang 4G, agar masyarakat mengetahui berita – berita melalui digital ini”, sebutnya.

Tentu SDM dan talenta digital tersebut untuk mendukung perkembangan ekosistem industri teknologi di negara kita. Tantangan tersebut perlu kita jawab, perlu kita hadapi bersama-sama melalui berbagai hal, melalui kegiatan-kegiatan yang bermuatan inovasi serta inisiasi dari berbagai pihak.

Kadis Kominfo Andri Rahardian dalam paparannya dengan judul Infrastruktur digital untuk mendukung keberhasilan perdagangan digital.

Dikatakan, digital Entrepreneur mencakup segala sesuatu yang baru dalam hal kewirausahaan seperti cara baru menemukan pelanggan, cara baru merancang dan memasarkan produk, cara baru menghasilkan pendapatan dan mengurangi biaya, dan peluang baru untuk berkolaborasi dan bermitra. (ru)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed