oleh

Bupati Batu Bara : Dampak Positif Suksesnya Program SDA dan UMKM ke Negeri Jiran

Batubaratoday | Dengan suksesnya program pengiriman hasil Sumber Daya Alam(SDA) dan hasil Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM) yang akan dikirim ke Negeri Jiran Tetangga (Malaysia) tentunya akan berdampak positif bagi masyarakat Batu Bara khususnya pelaku dagang dan UMKM.

Hal tersebut dikatakan Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP pada kegiatan Pengapalan Perdana Ekspor Produk Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) di Pelabuhan Dermaga C Inalum, Kuala Tanjung, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara, Jumat(04/06/2021).

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut mensukseskan program ini”,ucap Zahir.

Dikatakan Zahir, masa Pandemi Covid 19, dituntun dalam pemulihan ekonomi dengan cepat, tentunya perlu Kerja sama yang dibangun secara kekeluargaan dengan berbagai pihak, bahwa pemulihan ekonomi secara cepat, diperintahkan kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Batu Bara yakni Perizinan perdagangan harus diberikan pelayanan yang cepat sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Batu Bara kepada pelaku dagang dan usaha sebagai pihak ekspotir”,ungkap Zahir.

Bupati Batu Bara Ir Zahir MAP mengatakan memilih Pelabuhan Inalum Dermaga C untuk menghemat biaya ongkos dan tidak adanya mafia – mafia pelabuhan sehingga menjadi keuntungan besar bagi masyarakat Batu Bara.

“Pengapalan perdana ini diawali dengan mengirim produk hasil laut, Kedepannya akan dikirim hasil bumi dan hasil produk UMKM Khas Batu Bara”, tutur Zahir.

Dirut PT. Pelindo I yang diwakili Dirut PT. Prima Multi Terminal Rudi Susanto dalam sambutannya menyampaikan sebagaimana diketahui, pandemi Covid – 19 banyak perusahaan yang mulai menutup gerainya, terkecuali Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM) yang bertahan.

Hal ini dikarenakan, bagi perusahaan besar yang terdampak kondisi ekonomi dunia, dimana Pelindo akan mendukung penuh program tersebut, karena para pelaku UMKM Kabupaten Batu Bara tidak mengirim barang melalui pelabuhan yang jauh sehingga ongkos logistik akan lebih murah dari kuala Tanjung.

Sementara itu, Direktur Pelaksana Inalum Shopia Isabela Watimena menyampaikan Perusahaan Inalum mendukung penuh program Ekspor Produk Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) dengan diberikan Fasilitas pelabuhan, Sebab, para pelaku UMKM sangat berpeluang untuk meningkatkan Ekonomi dan Kesejahteraan.

“Semakin baik dalam mengenalkan produk untuk pasar Internasional”,kata Shopia.

Kegiatan diakhiri dengan pemberian Kain Songket dan Tengkuluk khas kerajinan Masyarakat Batu Bara Kepada Bupati Batu Bara, Direktur Pelaksana Inalum dan Direktur PT. Prima Multi Terminal. Selain itu, santunan kepada anak yatim dan piatu.

Hadir,Bupati Batu Bara Ir H Zahi M.AP, Plt Dinas Koperasi UMKM Arif Hanafiah, Direktur Pelaksana Inalum Shopia Isabela Watimena, Wakapolres Batu Bara Kompo Rudi Candra, Kodim 02/08 Asahan Letkol Inf SM Beruh, Danlanal TBA Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwioy SE, Kajari Batu Bara, Dirut PT Pelindo I diwakili Dirut PT Prima Multi Terminal Rudi Susanto, Tokoh Masyarakat, Prof DR OK Saidin SH M.Hum, Tokoh Gemkara dan Pelaku UMKM Batu Bara. (Us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed