oleh

Diskominfo Batu Bara Implementasikan PP No.39 Tahun 2019

Batubaratoday | Dalam rangka mengimplementasikan Peraturan Presiden RI Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, Dinas Komunikasi dan Informatika(Diskominfo) Kabupaten Batu Bara laksanakan kegiatan Koordonasi dan Sinkronisasi Pengumpulan, Pengumpulan, Pengolahan, analisa dan Diseminasi Data Statistik Sektoral.

Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik Kabupaten Batu Bara, di Aula Rumah Dinas Bupati Batu Bara, Komplek Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara, Jumat(26/11/2021).

H. Sakti Alam Siregar, SH mengatakan bahwa data berkualitas akan menghasilkan pembangunan yang berkualitas, tepat guna, tepat sasaran, adaptif, berkelanjutan dan progresif, begitu juga sebaliknya pembangunan yang berkualitas akan menghasilkan data yang berkualitas.

Dikatakan Sakti, untuk membangun serta merealisasikan memang tidak mudah, namun bukan berarti hal tersebut tidak bisa dicapai, yakin dengan persatuan komitmen yang kuat, dapat mewujudkan satu data indonesia di daerah tingkat Kabupaten Batu Bara.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas(Kadis) Komunikasi dan Informatika(Kominfo) Zulkarnain, SE, M.Si mengatakan bahwa peran diskominfo dalam satu data Indonesia sebagai walidata dan sedang menyiapkan portal satu data kabupaten Batu Bara sebagai wadah untuk bagi pakai data dari masing – masing OPD.

Sebutnya Zulkarnain, kedepannya data yang dibutuhkan sudah tersedia dan mudah untuk diakses melalui portal satu data Kabupaten Batu Bara, Selain penyampaian mengenai statistic sektoral dan satu data Indonesia.

Zulkarnain menyampaikan mengenai Tanda Tangan Elektronik oleh Kepala Bidang Sandi Telekomunikasi dan Statistik Diskominfo Batu Bara Zulfan Suri, ST dengan harapan masing – masing OPD mulai migrasi dari surat fisik menuju surat elektronik yang sudah difasilitasi oleh DIskominfo Batu Bara.

Dimana, terselenggaranya kegiatan tersebut diharapkan semua pemangku kebijakan dapat memahami secara keseluruhan konsep satu data indonesia serta membahas bagaimana konsep satu data indonesia dapat diimplementasikan untuk mendukung program pemerintah daerah terutama di Kabupaten Batu Bara, sehingga data yang akan disiapkan dan dipublikasikan dalam portal data satu merupakan data yang benar – benar akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dibagipakaikan, serta menjadi acuan perencanaan pembangunan.

Narasumber, Kepala Badan Pusaat Statistik Kabupaten Batu Bara Ir. Gloria Ebenheazer, M.Si menyatakan bahwa terselengaranya Kegiatan Satu Data Indonesia di tingkat Kabupaten Batu Bara, maka Kebutuhan data statistik sektoral dapat dipenuhi secara lengkap dan akurat serta seluruh data terkumpul secara terpusat melalui aplikasi Satu Data Kabupaten Batu Bara. (Ko)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed