oleh

Secara Sombolis, Bupati Batu Bara Serahkan 30 Unit Perahu

Batubaratoday | Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.Ap menyerahkan secara simbolis 30 unit perahu kepada masyarakat nelayan, bantuan dari kegiatan Dinas Perikanan Kabupaten Batu Bara tahun 2021, di halaman Kantor Dinas perikanan, Desa Perupuk, Kabuoaten Batu Bara, Jumat(17/12/2021).

Hadir, Kadis Perikanan Kabupaten Batu Bara, Antoni Ritonga, Ketua DPRD Batu Bara M. Safi’i, SH, Ketua Kadin Batubara H. OK Faizal Abdul Djali, SE dan OPD Batu Bara serta lainnya.

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir MAp mengatakan bahwasanya Pemerintah Kabupaten Batu Bara tidak akan bosan dan terus berusaha melakukan pemulihan ekonomi di wilayah Batu Bara, baik itu di bidang perikanan dan kelautan.

Dikatakan Zahir, banyaknya keluhan masyarakat didalam kelompok yang tidak memiliki perahu(sampan), mesin bot, alat tangkap, tempat penyimpanan ikan serta lainnya.

“Hari ini, keluhan itu terwujud, adanya bantuan ini dapat terbantu dalam bidang usaha dan mudah – mudahan ekonomi masyarakat semangkin meningkat,”ungkap Zahir.

Kepala Dinas(Kadis) Perikanan dan Kelautan
Kabupaten Batu Bara Antoni Ritonga menyampaikan bantuan yang diberikan terdiri dari 30 unit perahu lengkap dengan alat tangkap berupa rajungan untuk tiga kecamatan.

“10 unit untuk Kecamatan Sei Suka, 10 unit Kecamatan Talawi dan 10 unit untuk Kecamatan Tanjung Tiram,”,Jelas Antoni.

Disebutkan Antoni, jenis bantuan lain juga diberikan untuk masyarakat nalayan berupa mesin Diesel penggerak utama, JPS Fortebel, alat tangkap jaring udang yang siap pakai sebanyak 74 utas.

Begitu jugu, bantuan budidaya perikanan di setiap Kecamatan di wilayah kabupaten Batu Bara dalam bentuk bibit dan pakan ikan, seperti bibit ikan hias, mesin pencetak pakan dan budidaya ikan dalam ember serta budidaya udang dalam terpal.

Antoni Ritonga memaparkan bantuan dibidang pengelolahan hasil perikanan yakni bantuan peralatan untuk usaha pembuatan Ambon ikan, peralatan untuk ikan asin serta alat rebus ikan gembung.

Dijelaskan Antoni, tujuan bantuan yang diberikan melanjutkan misi Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.Ap, bahwa, sektor usaha perikanan harus dapat menjadi motor penggerak ekonomi perikanan khususnya masyarakat pesisir, sehingga tingkat kemiskinan dapat ditekan dan daya beli semangkin meningkat. (Us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed